Latest News

Thursday, July 12, 2012

Presiden Prancis Diejek Mirip Kurcaci



French president Francois Hollande cut a diminutive figure alongside members of the Coldstream Guards on his first official visit to London

French president Francois Hollande cut a diminutive figure alongside members of the Coldstream Guards on his first official visit to London




Prancis memang negeri yang amat sangat peduli pada penampilan. Salah berpakaian atau tampil buruk di depan publik bisa-bisa menjadi bahan cemoohan.

Itu juga yang terjadi pada Presiden Prancis Francois Hollande saat berkunjung ke London, Inggris. Daily Mail Online, Kamis (12/7/2012), memberitakan, Hollande diejek rakyatnya sendiri dan dipanggil kurcaci hanya karena ia tamnpak pendek di tengah prajurit Inggris yang berbadan tinggi.

Dalam pekan ini, Hollande melakukan kunjungan kenegaraan pertama ke Inggris. Seperti lazimnya kepala negara lain yang melakukan kunjungan resmi, ia pun mendapat kehormatan untuk memeriksa barisan pasukan Inggris. Kali ini, ia memeriksa barisan resimen Britania yang tampil dengan seragam khasnya, mengenakan topi bulu hitam yang menjulang.

Peristiwa itu tentu saja diabadikan oleh wartawan. Sialnya, di foto itu ia tampak seperti kurcaci karena badannya yang kecil dan pendek, terlihat sangat mungil di antara prajurit yang berbadan tegap, tinggi, dengan tubuh atletis itu. Dipandang dari sudut lain, simbol Prancis itu tampak tidak berdaya di tengah prajurit Inggris yang gagah.

Sontak komentar pun meluncur dari rakyatnya di Prancis. Apalagi, bila dikaitkan dengan penguasaan Inggris terhadap Prancis. Resimen Britania adalah salah satu pasukan yang mengalahkan Prancis yang dipimpin Napoleon Bonaparte di pertempuran Waterloo dan kemudian menguasai Paris pada 1815 .

Hollande adalah pemimpin Prancis kedua yang tampak pendek setelah presiden terdahulu Nicolas Sarkozy. Beruntung, Hollande sedikit lebih tinggi dibandingkan Sarkozy.

Foto-foto Hollande di tengah-tengah resimen Britania itu dipublikasikan kantor berita Prancis, AFP disertai dengan komentar-komentar.

Ada yang menulis, Hollande sengaja dijebak agar ia tampak bodoh.

“Orang Prancis yang malang” kata Jean-Marc Rameau, warga Paris.

Sementara Dmitri Kovaley mengejeknya dengan menyebut, “Para kurcaci menguasai dunia”.

Ada pula yang menggambarkannya seperti cerita Gulliver’s Travel.

“Menggelikan, bukan karena tinggi badannya, tetapi karena dia bisa dengan mudah jatuh dalam jebakan yang Sarkozy saja tahu itu harus dihindari,” tulis seseorang dengan nama 'Councillor De Mist'.

Sebastien Esteve seorang warga Marseille menulis, “Saya ngakak melihatnya.” [tjs]



Mr Hollande inspected the Guard of Honour outside the Foreign Office as part of an official visit to London

One observer suggested that Mr Hollande had fallen into 'a trap' that his predecessor Nicolas Sarkozy would have avoided

The Battle of Waterloo as depicted by artist William Sadler

The coldstream guards played a key part in the British victory at the Battle of Waterloo, depicted here by artist William Sadler

Height gallery of world leaders

Francois Hollande greets Queen Elizabeth at Windsor Castle

Francois Hollande also met Queen Elizabeth at Windsor Castle during the official visit to Britain, his first since being elected French president in May






sumber :http://web.inilah.com/read/detail/1882103/presiden-prancis-diejek-mirip-kurcaci

No comments:

Post a Comment

Tags

Recent Post